Belajar pemrograman robotika

Belajar Robotika Otodidak

Belajar Robotika Otodidak memang terkesan sangat sulit karena ini tentang mempelajari robot. Selain itu, ada teori yang terkadang susah untuk dipahami juga. Meskipun begitu, bukan berarti tidak semua orang enggak bisa belajar robotika secara otodidak.

Kami punya beberapa tips buat kamu yang ingin belajar robotika secara otodidak. Langkah awal sebelum belajar kita harus memiliki niat yang kuat. Karena ini memrogram dan membuat robot sendiri, kita perlu menyukai atau bisa menjadikan ini sebagai hobi terlebih dahulu.

Pasalnya, kebanyak yang terjun dalam dunia robotika ini mereka membuat suasana diri sendiri menjadi menyenangkan. Jika kita sudah senang, maka belajar robotika otodidak akan berjalan dengan lancar. Meskipun kita tidak mengikuti melalui tes private sekalipun.

Tips Cara Belajar Robotika Otodidak

Robotik berasal dari kata robot yang memiliki arti perangkat elektronik sudah diprogram agar bisa melakukan tugas seperti layaknya manusia. Jadi, bisa kami katakan bahwa robotik ini salah satu ilmu yang memiliki hubungan dalam perencanaan, perancangan, dan pembuatan robot.

Namun, menurut wikipedia, Robotika merupakan satu cabang teknologi yang berkaitan dengan desain, kontruksi, operasi, struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Dengan kata lain, mempelajari tentang robotika membutuhkan beberapa skill yang bisa kita pelajari secara otodidak. Berikut tips cara belajar robotika otodidak dibawah ini.

Belajar Menulis Kode Dasar

Pada dasarnya Robotika adalah ilmu memprogram robot yang membutuhkan penulisan kode dengan bahasa pemrograman. Yang paling populer adalah Phyton dan C++, bisa kamu pelajari perlahan secara otodidak lewat channel youtube atau mencari ebook gratis di google dan juga mengikuti kelas yang ada.

Dengan belajar hal tersebut ini bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian kalian. Dalam menulis kode dasar kamu perlu tahu cara menggunakan beragam variabel dan berbagai fungsi serta membuat pernyataan kondisional. Selain itu, juga menerapkan keterampilan dalam penulisan kode dasar dengan yang lainnya karena ini mencakup semuanya jadi cukup luas.

Baca Juga :  Kursus Robotik Anak SD

Belajar Aljabar Liniear

Belajar secara otodidak memang tidak mudah, karena kita perlu belajar dasar-dasar robotik salah satunya adalah proses dalam membuat robot. Dengan belajar aljabar linear tentu bakal membantu kamu dalam menyiapkan diri membuat robot. Selain itu, aljabar dasar juga termasuk sangat mendasar dalam hal memprogram robot maupun memodifikasi kode.

Jika kamu ingin belajar dasar-dasar aljabar bisa sering membaca buku tentang aljabar. Pelajari semuanya yang bisa meningkatkan keterampilan matematika kamu apabila ingin belajar otodidak.

Belajar Ilmu Fisika

Materi pelajaran fisika sangat dibutuhkan saat kamu nanti mempelajari robotika. Pasalnya, fisika bakal latar belakang dalam pemahaman untuk bagaimana cara robot itu bergerak dan berinteraksi. Kamu tidak harus mengikuti les private, namun juga ikut kelas atau secara otodidak untuk belajar ilmu fisika dasar.

Belajar Teknik Komputer

Jika kamu menyukai bidang komputer, mempelajari ilmu teknik komputer bisa menjadi modal awal yang bagus ketika ingin belajar robotika otodidak. Pasalnya, ini bisa memperkuat keterampilan robotika. Jadi terulash berlatih dan belajar tentang dasar-dasar keterampilan menggunakan komputer.

Di jaman sekarang yang serba canggih, kamu bisa belajar secara otodidak dengan membaca situs atau artikel yang berhubungan dengan komputer. Karena ini adalah kunci untuk menguasai ilmu robotika.

Belajar Membuat Robot dengan Kit Siap Pakai

Belajar otodidak robotika bisa dengan kita membeli kit pembuatan robot siap pakai. Karena jika kamu sudah belajar dasar-dasar yang ada pada ilmu robotika, maka selanjutnya adalah langsung belajar praktek. Disini saatnya kamu mengembangkan keterampilan robotika seperti merangkai dan memodifikasi robot.

Ada banyak toko yang menyediakan peralatan robot dan benda yang bisa kamu gunakan untuk merakit secara manual. Namun tenang saja, nanti pasti akan ada instruksi dalam pemasangan nya. Jika kamu pernah main puzzle, maka kurang lebih seperti itu konsepnya.

Baca Juga :  Ekstrakurikuler Robotik Anak SD SMP SMA SMK

Manfaat Belajar Robotik

Sebagian besar orang kurang menyadari bahwa belajar robotik ini bisa membuat kecerdasan anak semakin berkembang. Selain itu, untuk juga bisa menjadi bekal untuk masa depan nantinya. Berikut adalah manfaat belajar robotik.

Paham dengan Sistem

Tidak hanya di sekolah saja, ada manfaat materi pelajaran yang bisa membuat anak memiliki karier yang bagus. Materi tersebut antara lain adalah sain, tenologi, teknik, dan matematika. Hampir semua materi ini mencakup tentang robotika yang bisa membuat anak berkembang pada era yang serba teknologi ini.

Dengan bekal materi tersebut, anak yang memiliki ketertarikan untuk belajar robotika ini biasanya bakal memiliki peluang yang besar. Dimana mereka akan lebih unggul untuk memahami sistem dalam perkembangan teknologi yang akan datang.

Mampu Menyelesaikan Masalah

Robotika ini sangat kompleks, jadi setiap orang bakal menemukan berbagai macam masalah yang ada. Nah, salah satu manfaat belajar robotika ini adalah anak akan terbiasa dengan masalah dan pastinya akan mampu mengatasinya. Pasalnya, dalam bidang robotika anak akan memiliki keterampilan berpikir kritis.

Tidak hanya itu saja, manfaat belajar robotika disini akan mendapatkan banyak pembelajaran selain kesenangan, yaitu penalaran, dan memecahkan masalah secara praktis. Hal ini tanpa disadari oleh anak.

Mengambil Kebutusan yang Baik

Tidak hanya mampu memecahkan masalah, anak yang belajar robotika pastinya akan akan terbiasa memikirkan ke depannya sebelum melakukan sesuatu termasuk mengambil keputusan. Oleh karena itu, dalam bidang robotika akan memahami tentang sebab dan akibat.

Contoh himbauan kasih sebab dan akibatnya “Jangan pegang air yang mendidih nak, nanti tangan bisa sakit dan akan terasa panas”. Dengan ini anak pasti mengambil keputusan yang baik dengan menunggu air turun panas sebelum dipegang.

Baca Juga :  Belajar Robotik Dasar

Mampu Melakukan Kode

Dunia semakin berkembang begitu pesat, jika melihat perkembangannya ini tidak hanya semata-mata menggunakan teknologi saja. Namun salah satu manfaat belajar robotika ini membuat anak mampu melakukan pemrograman dan pengkodean. Selain itu, anak juga bakal memiliki karier yang bagus di masa yang mendatang.

Bahkan saat ini sudah banyak kelas atau les private khusus untuk bidang robotika. Hal ini tentu dapat menunjang masa depan anak semakin cerah.

BONUS: Channel Youtube Belajar Otodidak Robotika

Kami punya beberapa rekomendasi channel youtube untuk belajar robotika antara lain yaitu :
Sentdex
Explaining Computers
EEVblog
Ithnkurcute
Botyard
SparkFun Electronics
Stanford

Itulah diatas yang bisa kami bagikan tentang tips cara belajar robotika lengkap beserta manfaat dan juga rekomendasi channel youtube untuk belajar robotika. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam proses belajar mengenal robotik.

About the Author: admin

You May Also Like