Cara Kerja Topologi Jaringan Komputer

Irfan Maulana

Cara Kerja Topologi Jaringan Komputer

Di era digital saat ini, Komputer atau Laptop sangat penting. Bagi pengguna juga harus mengetahui tentang cara kerja Topologi jaringan Komputer. Dimana saat pengguna belajar jaringan komputer tentu tidak akan asing dengan istilah dari Topologi.

Nah, di sini ingin memberikan ulasan untuk belajar bersama mengenal pengetian Topologi dan bagaimana cara kerjanya. Pasalnya, Topologi jaringan ini memiliki perang penting dalam operasi agar bisa berjalan lancar. Jadi, penasaran? langsung saja simak ulasan berikut dibawah ini.

Pengertian Kerja Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah suatu cara, metode, atau teknologi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan. Sebagai suatu metode atau metode, topologi jaringan adalah susunan fisik dan logis komputer untuk menghubungkannya.

Secara khusus, susunan fisik dan logika dalam suatu topologi jaringan dimaksudkan untuk menghubungkan node-node dan koneksi-koneksi yang pada akhirnya membentuk suatu jaringan komputer.

Sedangkan koneksi adalah hubungan antar node yang dapat dihubungkan sehingga membentuk suatu jaringan komputer. Topologi jaringan sering direpresentasikan sebagai grafik rancangan.

Menurut TechTarget, topologi jaringan menggambarkan desain konfigurasi jaringan dan lokasi tautan lalu lintas komunikasi antar perangkat yang dibuat.

Cara Kerja Topologi Jaringan Komputer

Operasi umum dalam topologi jaringan komputer melibatkan proses transmisi data dari satu node ke node lainnya. Namun setiap jenis topologi jaringan komputer bisa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.

Cara kerja topologi jaringan komputer berbeda-bedar tergantung dari setiap jenisnya. Namun, jika melihat dari pengertian diatas bahwa secara umum ini menghubungkan pengiriman sebuah data. Dimana ini dari node ke node yang lainnya.

Agar kita bisa tahu tentu harus melihat jenis seperti sebagai contoh Topologi bus, Topologi mesh, dan Topologi star. Ini mempunyai ciri atau karakteristik tersendiri. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa cara kerja menyesuaikan terganti dari jenis.

MasIrfun ambil contoh bahwa Topologi bus dan Topologi mesh ini berbeda. Dimana untuk Topologi bus dengan ciri mengirim data ke semua data. Sementara Topologi mesh ini dalam pengiriman data ciri nya bertahap kirim node satu-satu hingga ke tujuan utama atau target.

Also Read

Bagikan:

Tags