Cara Membiasakan Anak Membersihkan Kamarnya Sendiri

Cara Membiasakan Anak Membersihkan Kamarnya Sendiri

 

Sejak kecil anak harus diajarkan untuk kedisiplinan seperti membersihkan tempat kamar tidur. Selain baik untuk disiplin, bersih-bersih di rumah termasuk ruang kamar tidur bisa menjaga kesehatan anak. Dengan membiasakan anak seperti ini bakal menumbuhkan kemandirian ketik di masa yang akan datang.

Membiasakan anak membersihkan kamarnya sendiri juga bisa mewujudkan rasa tanggung jawab. Namun karena masih kecil, untuk mendidik anak ini tidak mudah dan sebagian besar orang tua juga masih belum tahu bagaimana caranya. Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan ulasan tentang bagaimana cara membiasakan anak supaya membersihkan kamarnya sendiri.

Cara Membiasakan Anak Membersihkan Kamarnya Sendiri

Sebagai orang tua kita harus memberikan pernyatan terlebih dahulu bahwa kamar tidur adalah tempat yang utama. Oleh karena itu, setiap hari anak harus membiasakan diri untuk selalu membersihkan kamar tidurnya. Agar tidak salah pemahaman, orang tua dalam memberi tahunya perlu dengan sikap yang lembut.

Memberikan Peraturan

Orang tua perlu membuat peraturan yang jelas agar anak selalu mengingat kewajibannya. Jika anak melanggar, orang tua berhak memberikan hukuman. Namun, untuk hukuman perlu didiskusikan terlebihan dahulu dan sewajarnya.

Merapikan Mainan

Tips yang kedua adalah dengan kita menerapkan anak selalu merapikan ketika selesai mainan. Salah satu contoh misalnya, orang tua bisa memberikan perilaku yang baik dengan ikut serta membersihkan mainan di tempat kamar tidur. Dengan hal ini, besar harapan kita supaya anak terbiasa melakukannya setiap saat.

Memberikan Contoh Sebelum Melakukan Tindakan

Biasanya anak kurang mengerti dengan apa yang di perintahkan oleh orang tua. Jadi, orang tua perlu memberikan contoh sebelum menyuruhnya untuk membersihkan ruangan tempat kamar tidurnya. Maksudnya adalah orang tua memperlihatkan ruangan tempat tidur dalam keadaan bersih dan rapi.

Baca Juga :  Tips Mengenalkan dan Mengajak Anak untuk Olah Raga

Jika anak melihatnya, biasanya akan meniru kebiasaan dari orang tua. Sehingga hal tersebut bakal memicu anak untuk senantiasa membersihkan dan merapikan kamar tidur.

Memberikan Apresiasi atau Pujian

Anak biasanya lebih suka dengan pujian atau apresiasi dari orang terdekatnya termasuk orang tua. Oleh karena itu, ketika anak berhasil membersihkan tempat kamar tidurnya orang tua perlu memberikan hadiah. Ini adalah bentu apresiasi kepada anak karena sudah belajar bertanggung jawab sejak dini.

Mengajaknya Bermain Membersihkan Kamar Tidur

Karena anak kecil suka bermain, maka ajak lah mereka untuk bermain. Namun permainan yang memiliki tempat dalam membersihkan kamar tidur. Karena dengan hal ini biasanya anak akan lebih bersemangat dan tidak malas-masalan ketika merapikan ruangan nya sendiri.

Jika sudah timbul rasa tanggung jawab, kebiasaan membersihkan kamar tidur pasti juga akan membuat kesehatan anak terjaga. Selain itu orang tua sudah tidak perlu cape lagi untuk membersihkan kamar tidur anak. Adapun beberapa manfaat merapikan tempat tidur yang jarang dirasakan antara lain:

  1. Tempat tidur menjadi bersih
  2. Mencegah penyakit
  3. Tidur jadi nyaman
  4. Penghilang stress
  5. Olahraga ringan
  6. Melatih produktivitas
  7. Hidup menjadi teratur

Itulah diatas yang bisa kami ulas pada kesempatan kali ini tentang bagaimana cara membiasakan anak membersihkan kamarnya sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu orang tua yang masih bingung dalam mendidik anak agar memiliki kebiasaan yang positif. Karena hal kecil seperti ini sangat baik untuk pertumbuhan anak agar berkembang menjadi orang yang disiplin dan bertanggung jawab.

Selain itu, ada juga keuntungan bagi orang tua yang berhasil mendidik anak untuk menjadi lebih mandiri. Sekian untuk artikel kali ini, sampai jumpa di artikel berikutnya yaa!

Kolom Komentar

About the Author: admin

You May Also Like