Cara Mendidik Anak Biar Nurut Orang Tua

admin

Cara Mendidik Anak Biar Nurut Orang Tua
Cara Mendidik Anak Biar Nurut Orang Tua

KomnasanakCara Mendidik Anak Biar Nurut Orang TuaMendidik anak memang bukan suatu hal yang mudah, namun akan lebih mudah ketika mengajarkan anak saat masih usia dini. Pasalnya, dari kebiasaan kecil anak juga mempengaruhi untuk pertumbuhan ke depannya. Nah, masalahnya bagaimana cara mendidik anak biar nurut sama orang tua?

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa setiap anak itu berbeda-beda. Ada yang mudah untuk diajak ngobrol bersama, namun ada juga yang sulit untuk di nasehati. Oleh karena itu, untuk kesempatan kali ini kami bakal memberikan tips cara mendidik anak biar nurut sama orang tua.

Cara Mendidik Anak Biar Nurut Orang Tua

Orang tua sekarang lebih banyak mengeluh karena masih kurang mendapatkan perhatian dari anak. Dimana ketika orang tua menasehati nya, ada anak yang mencueki mereka. Apa benar adanya? Banyak. Berikut ini adalah cara mendidik anak biar nurut orang tua.

Bersikap Pehatian Penuh Terhadap Anak

Sebagai orang tua, mereka harus bisa memberikan perhatian kita terhadap anak dan ini wajib. Salah satu contoh, ketika anak menginginkan sesuatu lebih baik mendahulukan kepentingan anak. Dengan bersikap penuh perhatian seperti ini bisa menjadikan anak akan memiliki sikap yang lebih dari apa yang dilakukan orang tua.

Sebaliknya, apabila orang tua membuat anak nya sebagai multitasking misalnya, ini akan membuat anak merasa kurang perhatian. Selain itu, negatifnya adalah anak bakal menganggap apa yang dikatakan orang tua tidak pernah dianggap serius oleh sang anak.

Mendapatkan Perhatian Anak

Tips yang kedua adalah orang tua harus mendapatkan perhatian dari anak. Caranya cukp mudah yaitu dengan mengajak anak ngobrol bersama, main bareng, dan mengajarkan sesuatu yang kemudian menyuruhnya mengulangi hal tersebut sampai dua kali. Dengan begitu maka orang tua akan dapat perhatian anak dan ini juga salah satu teknik agar anak menjadi penurut.

Berbicara Tegas dan Menerapkan Konsekuensi

Sebagai orang tua kita harus berani untuk berbicara dengan tegas, namun ini berbeda dengan konteks sama ketika memarahi anak. Maksud dari tegas adalah ketika anak sudah diberi tahu namun masih tidaK nurut maka orang tua harus memberikan hukuman. Namun perlu kami garisbawahi, bahwa dalam menerapkan konsekuensinya ini harus di diskusikan terlebih dahulu.

Karena jika konsekuensi yang salah nanti justru bisa membuat anak menjadi pemberonta. Supaya anak nurut sama orang tua caranya adalah dengan memberikan pembelajaran dan menerpkan konsekuensi yang sewajarnya saja.

Membuat Aturan Dalam Menggunakan Gadget

Seperti yang kita tahu bersama bahwa penggunaan gadget saat ini sudah marak dilakukan oleh hampir semua orang tua. Alasannya adalah karena ketika pegang gadget anak lebih cenderung diam. Meskipun begitu, orang tua juga harus memberikan atura dalam menggunakan gadget untuk anak.

Salah satu keuntungannya pada penggunaan gadget ini menjadi salah satu sumber distraksi antara orang tua dengan anak. Oleh karena itu, ini juga merupakan teknik supaya anak lebih nurut dengan adanya aturan maka keduanya akan saling mendengarkan.

  1. Selain empat tips diatas, kami juga memiliki beberapa saran untuk menasehati anak biar nurut antara lain :
  2. Hindari memaksa anak, apalagi sampai berteriak
  3. Gunakan bahasa lembut dan bersikap tida kasar
  4. Memanggil anak dengan sebutan namanya
  5. Mendengarkan perkataan anak
  6. Menciptakan lingkungan yang menyenangkan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu orang tua lebih bisa mengenal anak lebih dalam. Karena dengan begitu bisa dipastikan anak akan menjadi penurut.

Also Read

Bagikan:

Tinggalkan komentar