Cara mendidik anak supaya pintar dan penurut

Cara Mendidik Anak Supaya Pintar Dan Penurut

 

Anak adalah anugerah dari Tuhan yang paling indah. Namun, terkadang ada beberapa anak yang nakal dan kurang nutur. Hal ini biasanya bisa terjadi karena faktor lingkungan dan juga dari dirinya sendiri.

Sebagai orang tua, kita harus lebih tahu apa yang diinginkan Anak. Tapi seringkali menjumpai bahwa mendidik anak supaya pintar dan nurut itu tidak lah mudah. Tidan heran jika para orang tua mengalami kesulitan dalam mendidik anak.

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa tips cara mendidik anak supaya pintar dan nurut. Yuk, simak ulasan selengkapnya hanya dibawah ini.

Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Nurut

Biasanya Anak sering belajar dari keluarganya sendiri terlebih dahulu sebelum dari orang lain. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus memberikan contoh yang baik di depan anak. Karena dalam mendidik anak kita harus melakukannya dengan sabar dan pastinya ketika menasehati harus dengan tutur kata yang lembut.

Hindari Nada Keras di Depan Anak

Cara mendidik anak supaya pintar dan nurut adalah dengan kita tidak melihatkan ketika berbicara dengan nada keras seperti emosi. Pasalnya, jika ini terjadi biasanya secara tidak langsung anak akan mengikutinya. Oleh karena itu, berbicara dengan anak harus dengan nada suara yang lembut.

Apabila kita melakukan anak dengan halus, biasanya anak akan lebih enak diajak berbicara. Dengan hal ini mungkin anak juga akan melakukan sesuatu yang sama terhadap orang lain. Jadi, orang tua harus lebih sabar dalam mendidik anak.

Meskipun seperti yang kita tahu bersama bahwa setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Ada yang bisa diajak berbicara dan ada yang sulit. Namun, secara emosional ketika kita berbicara dengan lembut biasanya anak secara tidak langsung akan tumbuh menjadi orang yang bisa menghargai orang lain.

Baca Juga :  Cara Mengajarkan Anak Berani Berpendapat Di Kelas

Jangan Memberikan Larangan yang Berlebihan

Tips yang kedua ini adalah orang tua jangan berlebihan dalam melarang anak. Pasalnya, biasanya semakin kita larang ini membuat anak memiliki sifat yang memberontak. Berdasarkan riset juga menemukan bahwa semakin anak di kekang maka semakin liar pula tindakannya.

Jadi, jika kami boleh menyarankan kalau mengajak ngobrol sama anak harus lebih pintar dalam mengolah kata. Hal ini menjadi salah satu tips ampuh untuk anak agar menjadi penurut. Berikan kata-kata yang menyenangkan dan tidak menyinggung.

Respon Baik Kepada Anak

Anak memiliki keinginan yang berbeda-beda, sehingga orang tua harus memberikan pernyataan yang baik. Karena beragam keinginan, jika kita menyetujuinya harus memberikan respon yang baik. Namun jika kita tidak ingin memenuhi keinginan anak, juga harus mengatakan dengan baik juga.

Misalnya, anak ingin membeli coklat. Karena usianya yang kurang bagus jika membeli terus-terusan, kita bisa mengatakan “lebih baik jajan lain ya dek, seperti kue atau jajanan yang lainnya”. Selain melarangnya, orang tua pasti tahu mana yang baik untuk anaknya.

Jadi, usahakan dalam mendidik anak supaya pintar dan nurut kita harus merespon keinginan anak dengan baik. Beri mereka sebuah alasan yang logis supaya mudah dicerna dan dipahami. Dengan tutur kata yang lembut, anak pasti mau mendengarkan dan nurut kepada kita.

Itulah diatas yang bisa kami ulas tentang beberapa tips cara mendidik anak supaya pintar dan nurut. Semoga bagi setiap orang tua selalu sabar dalam mendidik anak dan dengan adanya artikel ini membantu membuat anak menjadi lebih pintar dan menurut.

About the Author: admin

You May Also Like