Cara Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Cara Mengajarkan Anak Untuk Menabung Beserta Manfaatnya

Menabung adalah salah satu kemampuan untuk bisa menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa yang akan datang. Selain itu, sebagian orang biasanya juga menabung untuk bisa membeli benda atau sejenisnya. Sejak dini, menabung perlu diberikan kepada Anak sejak dini.

Namun biasanya ketika masih kecil seoarang Anak masih belum memiliki pemikiran dalam hal menabung. Yang mereka tahu, ada uang bisa buat beli sesuatu, sudah selesai. Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak menabung sejak dini? Kami punya beberapa tipsnya buat kamu.

Manfaat Menabung Secara Umum

Menabung memiliki beberapa manfaat yang masih sering terlupakan. Jika sejak dini kita mengenalkan cara menabung ke Anak, kemungkinan dalam hal finansial Anak akan lebih aware lagi dalam mengelola duit. Ini adalah manfaat menabung menurut kami, yaitu:

  • Untuk kebutuhkan dana darurat
  • Untuk kebutuhan terduga di masa mendatang
  • Keamanan finansial
  • Tujuan keuangan lebih mungkin diwujudkan
  • Cashflow terkelola lebih sehat
  • Bisa membeli barang yang kita inginkan, dalam catatan harus melihat dana keluar dan masuk lebih banyak yang mana

Setelah memberikan penjelasan bahwa ada manfaat Menabung sejak dini ke Anak, inilah cara mengajarkan Anak untuk menabung.

Cara Mengajarkan Anak Menabung

1. Konsep Menabung

Karena masih kecil biasanya kita harus menjelaskan lebih detail panjang kali lebar, seperti mengenalkan konsep menabung. Hal yang paling penting kita sampaikan ke Anak adalah bahwa Uang adalah alat tukar untuk pembayaran. Jika kita mengininkan sesuatu bisa melalui uang transaksi nya.

Sebagai contoh sederhana, kalau Adek menginginkan sesuatu baik itu mainan, makanan, Adek harus punya uang terlebih dahulu. Nanti uang nya bisa ditukarkan menjadi barang atau makanan yang Adek inginkan. Misalnya Adek ingin beli mainan namun uang nya belum cukup, Adek harus menabung terlebih dahulu hingga uang nya cukup untuk di tukar dengan mainan sesuai dengan keinginan.

Baca Juga :  Trauma pada Anak-Anak bisa jadi Faktor Risiko Social Anxiety Disorder

2. Bermain Sambil Menabung

Ketika sudah mengetahu konsep menabung, kita bisa mengajak Anak untuk bermain menabung. Caranya gampang banget, kita bisa menggunakan uang mainan dan melakukan jual beli. Kita sebagai orang tua menjadi penjual dan Anak kita menjadi pembelinya.

Saat Anak melakukan pembelian barang ke kita sebagai orang tua dan memberikan kembalian, kita mengatakan bahwa uang tersebut bisa Adek tabung. Alasan menabung ini untuk kebutuhan darurat untuk sesuatu yang penting. Lakukan jual beli barang sampai 3-4 kali dan mengharuskan Anak untuk selalu nabung ketika mendapatkan kembalian dari membeli sesuatu.

3. Menggunakan Celengan

Dulu ketika masih kecil Orang tua kita selalu memberikan celengan untuk Anak bisa menabung. Ini juga menjadi salah satu cara mengajarkan anak menabung sejak dini. Agar tidak digunakan untuk sesuatu yang tidak perlu, mereka bisa memasukkan uang di celengan tersebut.

4. Mengajak ke Bank untuk Menabung Langsung

Agar lebih awet dan keamanan nya terjaga, kita bisa menggunakan Bank dalam menabung. Kita sebagai orang tua juga bisa sekalian untuk membuatkan rekening Anak. Ini adalah cara mengajarkan anak menabung sejak dini yang terbilang efektif karena kemungkinan Anak tidak akan mengambil uang kalau tidak butuh banget.

Bagaimana cara Anak mau menabung di Bank?

Ada sebuah pepatah bahwa “buah tidak jatuh jauh dari pohon nya”, jadi langkah awal adalah kita mengajak Anak ke Bank untuk menabung. Dengan melihat kegiatan kita, tentu Anak akan memiliki pemikiran ingin seperti orang tuanya yaitu menabung di Bank.

Itulah diatas yang bisa kami ulas pada kesempatan kali ini tentang bagaimana cara mengajarkan Anak menabung sejak dini. Semoga artikel ini dapat mengatasi masalah dan memberikan pengalaman Anak menabung sejak kecil.

Baca Juga :  Tips Mengenalkan dan Mengajak Anak untuk Olah Raga

About the Author: admin

You May Also Like