Contoh Silabus, ATP dan Modul Ajar Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka

admin

Contoh Silabus, ATP dan Modul Ajar Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka
Contoh Silabus, ATP dan Modul Ajar Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka

Komnasanak Kurikulum Merdeka memiliki berbagai macam istilah seperti contoh Silabus, ATP dan Modul pada ajar di Sekolah Dasar. Bagi seorang guru atau pengajar penting banget untuk mengenal lebih dalam tentang Kurikulum Merdeka.

Kebanyakan instansi beralih dengan Kurikulum Merdeka sebelum menggunakan Kurikulum 2013. Dan kita tahu bahwa walaupun belum semua menerapkan pendidikan di seluruh wilayah di Indonesia. Menariknya, disini!

Kesempatan kali ini kami akan berikan Contoh Silabus, ATP dan Modul Ajar Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Tidak hanya itu saja, MasIrfun akan jelaskan juga prosedur penyusunan ATP Kurikulum Merdeka SD. Penasaran? Yuk, langsung saja simak ulasan selengkapnya hanya di bawah ini.

Tentang Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka, istilah silabus telah diganti dengan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Selain itu, terdapat juga istilah Capaian Pembelajaran (CP) yang menggantikan istilah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) dalam Kurikulum 2013 (K13).

Silabus adalah rencana pembelajaran yang harus dimiliki oleh guru. Silabus ini disusun dengan sistematis agar dapat digunakan sebagai panduan dalam proses belajar mengajar.

Apakah ATP dan Silabus itu Berbeda?

ATP ini memiliki peran yang serupa dengan silabus, yaitu sebagai panduan dalam perencanaan pembelajaran. Sehinga dengan demikian bisa kami katakan bahwa ATP dan Silabus tidak berbeda, bahkan secara fungsi mereka sama.

Apa itu ATP?

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan serangkaian tujuan pembelajaran yang terstruktur dan terorganisir dengan sistematis dalam setiap fase pembelajaran dari awal hingga akhir. 

Pemerintah telah menyediakan beberapa contoh ATP yang dapat digunakan. Dimana hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan agar memudahkan guru dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran.

Lalu Apa itu Modul Ajar (MA)

Modul Ajar (MA) adalah salah satu istilah yang digunakan dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Istilah ini memiliki arti yang sama dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dalam Kurikulum 2013.

Namun, terdapat perbedaan dalam komponen yang terdapat dalam Modul Ajar yang membuatnya lebih lengkap dibandingkan RPP.

Dalam Modul Ajar, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan. Pertama, terdapat tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

Tujuan ini menjadi panduan bagi guru dalam merancang pembelajaran yang efektif. Selain itu, terdapat langkah-langkah pembelajaran yang harus diikuti oleh siswa untuk mencapai tujuan tersebut.

Langkah-langkah ini dapat berupa penjelasan materi, kegiatan diskusi, atau tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.

Selain itu, Modul Ajar juga mencakup media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran ini dapat berupa buku teks, presentasi slide, atau video pembelajaran.

Selanjutnya, terdapat komponen asesmen yang digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. 

Terakhir, terdapat informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu siswa dalam memperdalam pemahaman mereka.

Dengan adanya komponen-komponen ini, Modul Ajar menjadi alat yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Cara Menyusun Silabus Kurikulum Merdeka

Menurut laman Kemdikbud, penyusunan silabus atau ATP untuk kelas 1 (fase A) didasarkan pada Capaian Pembelajaran, baik itu capaian umum maupun capaian per elemen dalam satu fase pembelajaran.

Sebagai contoh, dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, capaian elemen yang ditargetkan adalah menyimak, membaca, berbicara, dan menulis.

Oleh karena itu, ATP harus mengandung rencana pembelajaran yang spesifik agar siswa dapat mencapai elemen-elemen tersebut.

Selain itu, ATP juga harus menjelaskan tujuan pembelajaran secara keseluruhan dalam satu fase. ATP ini harus disusun secara komprehensif mulai dari awal hingga akhir fase pembelajaran, dan tidak boleh terputus di tengah jalan.

Hal ini penting agar siswa dapat mengikuti alur pembelajaran dengan baik dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dalam penyusunan ATP, perlu diperhatikan bahwa ATP harus memuat semua komponen yang diperlukan untuk mencapai capaian pembelajaran. ATP ini harus jelas dan terstruktur dengan baik agar guru dapat mengajar dengan efektif dan siswa dapat belajar dengan optimal.

Dengan demikian, penyusunan ATP yang baik akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas 1 (fase A) dan membantu siswa mencapai capaian pembelajaran yang diharapkan.

Ada enam cara menyusun ATP yang bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut

  1. Identifikasi ide-ide besar yang terkandung dalam setiap Capaian Pembelajaran
  2. Tinjau karakteristik-karakteristik yang ada pada mata pelajaran tersebut
  3. Temukan konsep-konsep utama yang terdapat dalam setiap Capaian Pembelajaran
  4. Membuat rumusan Tujuan Pembelajaran (TP) untuk setiap elemen.
  5. Mengubah setiap TP menjadi alur tujuan pembelajaran dengan memperhatikan peningkatan kompetensi pada setiap tahap.
  6. Menyusun alur tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan peningkatan kompetensi pada setiap tahapan dari masing-masing TP.

Contoh Silabus Kurikulum Merdeka Kelas 1

Pada dasarnya, tidak ada format standar dalam penyusunan silabus atau ATP. Namun, ATP biasanya disusun dalam bentuk tabel agar lebih terstruktur dan mudah dipahami.

Dalam tabel ATP, sebaiknya tercantum CP atau target kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Sebagai contoh, untuk kompetensi menyimak, CP yang ingin dicapai adalah siswa mampu mendengarkan dengan penuh perhatian. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat menunjukkan minat dan pemahaman terhadap apa yang disampaikan atau dibacakan oleh guru.

Selain itu, silabus atau ATP juga mencakup tujuan pembelajaran dan kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai CP tersebut. Dengan adanya ATP ini, guru dapat menggunakan pedoman tersebut dalam melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah.

Kamu dapat mengunduh beberapa contoh silabus atau ATP Kurikulum Merdeka dalam format PDF untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Contoh Silabus Kurikulum Merdeka Kelas 1

Itulah yang bisa komnasanak sampaikan tentang Contoh Silabus, ATP dan Modul Ajar Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu bermanfaat dan menambah wawasanmu terhadap istilah Silabus, ATP dan Modul Kurikulum Merdeka.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar