Ekstrakurikuler Robotik

Ekstrakurikuler Robotik Anak SD SMP SMA SMK

Ekstrakurikuler Robotik saat ini mulai banyak peminat nya baik mulai dari SD hingga SMA. Bagi orang tua, Anak yang mengikuti biasanya bakal memiliki keahlian yang lebih dan memiliki perkembangan yang pesat. Karena dalam ekstrakurikuler robotik Anak tidak hanya memasang puzzle saja, namun juga harus menyelesaikan beberapa permasalahan tugas yang ada.

Hampir semua siswa telah menantikan ekstrakurikuler yang satu ini, berkat adanya Robotik siswa menjadi Anak yang memiliki kreativitas. Selain itu, wawasan siswa akan jauh berkembang maju ke depan. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang orang tua ingin Anak mengikuti ekstrakurikuler Robotik.

Ekstrakurikuler Robotik

Apa saja sih yang bisa kita dapatkan dalam ekstrakurikuler robotik? Sebenarnya ada beberapa manfaat yang bisa menunjang perkembangan Anak. Bahkan, ada juga yang menyebutkan ini adalah hobi yang menjadi prestasi.

Adapun beberapa manfaat dari ekstrakurikuler robotik bagi siswa antara lain yaitu:

  • Siswa akan terbiasa untuk bisa menyelesaikan sebuah masalah karena dipaksa untuk berfikir sistematis dan terstruktur
  • Siswa bisa meningkatkan kemampuan motorik yang merupakan kemampuan dalam menggerakkan semua anggota tubuh
  • Siswa bisa meningkatkan imajinasi dalam menampilkan kreativitas mereka dan memperhitungkan rancangan maupun desain berdasarkan ide
  • Siswa akan memiliki pola bekerja sama dalam kelompok atau orang lain, sehingga mereka bisa menyatakan pendapat dan menghargai perbedaan pendapat juga
  • Siswa bisa melatih kesabaran dan ketekunan dalam ekstrakurikuler ini, karena semua dalam proyek robotik ini tidak berjalan dengan baik

Lalu, apa saja materi pelajaran yang kita dapatkan dalam Ekstrakurikuler Robotik?

Sebenarnya ada banyak sekali materi yang bisa kita pelajari. Pasalnya, sebagian ada pelajaran seperti di sekolah secara umum. Namun, ini sedikit berbeda karena memang bertujuan khusus untuk pelajaran kegiatan Robotika.

Baca Juga :  Kursus Robotik Anak SD

Materi tersebut antara lain seperti Matematika, Science dan Teknologi, Fisika, Desain, Mekanika, Elektronika, dan Pemrogaman. Dari semua materi ini, siswa akan memiliki kemampuan yang lebih, karena bisa melatih kecerdasaran juga.

Ada istilahnya motorik halus yang terjadi pada perkembangan usia anak yang memiliki keterkaitan dalam keterampilan fisik dengan melibatkan otot kecil dan juga koordinasi mata-tangan. Ini adalah manfaat yang di dapatkan seperti yang kami sebutkan di atas, mereka bakal mendapatkan pelajaran untuk latihan dan mengembangkan kegiatan rangsangan kontinu secara rutin.

Jika kita pernah melihat mainan seperti bongkar pasang misalnya puzzle yang membentuk sesuatu entah itu mobil, robot, binatang maupun rumah ini bisa meningkatkan kemampuan Anak. Yang menjadi pengaruh besar dalam Ekstrakurikuler Robotik ini salah satunya adalah kemandirian dan rasa percaya diri Anak dalam mengerjakan semuanya dan mereka sadar dengan fisik kemampuan yang dimiliki.

Oleh karena itu, jika mengatakan sesuatu maka Ekstrakurikuler Robotik ini termasuk hal yang positif bagi Anak. Pasalnya bisa membuat perkembangan Anak memiliki potensi untuk ke depan lebih maju. Melihat dari cara berpikir mengatasi masalah agar bisa menyelesaikannya juga akan berdampak besar ketika beranjak dewasa nantinya.

About the Author: admin

You May Also Like