Madrasah Robotic Competition 2023, Membuka Pintu Menuju Masa Depan Teknologi

admin

Madrasah Robotic Competition 2023
Madrasah Robotic Competition 2023

Komnasanak – Madrasah, sebagai lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi muda, kembali menunjukkan komitmennya terhadap perkembangan teknologi dengan menggelar Madrasah Robotic Competition 2023

Acara ini tidak hanya mendorong siswa-siswa madrasah untuk mengejar keunggulan dalam bidang robotika, tetapi juga menjadi batu loncatan menuju masa depan yang lebih cerah dalam dunia teknologi.

Kembali diadakannya Kompetisi Robotik Madrasah atau Madrasah Robotics Competition (MRC) oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah. Menurut Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi, MRC 2023 akan memfokuskan pada peningkatan kompetensi robotik siswa.

Pada hari Selasa, tanggal 6 Juni 2023, diadakan Focused Group Discussion (FGD) di Jakarta untuk membahas Skema MRC 2023 secara bersama-sama. Pada FGD ini, tidak hanya dilakukan evaluasi terhadap MRC 2022, tetapi juga dibicarakan tentang rencana tema dan lokasi MRC tahun ini.

Kita akan berupaya agar MRC tahun ini memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, namun tetap memiliki ciri khas MRC yang tidak mengurangi kualitas persaingan. Selain itu tidak menurunkan kualitas kompetisi tersebut juga membuat tempat lokasi yang berbeda pula.

Jadi jangan terus-terusan di Jawa. Lomba ini telah mengalami perubahan dalam kategori yang ada. Moh. Isom berpesan agar hadiah ditingkatkan dan kompetisinya haruslah menyenangkan atau menghibur.

Moh. Isom menyampaikan harapannya dimana kompetisi ini benar-benar dipandang sebagai ajang kompetisi para siswa madrasah, dan tidak melibatkan peran pelatih atau guru. Kategori-kategori yang terlalu dominan melibatkan pelatih harus direvaluasi dan dipertimbangkan ulang atau dimodifikasi.

Kompetisi ini ditujukan bagi siswa-siswi madrasah, bukan para pelatih atau guru. Harap perhatikan dengan seksama agar campur tangan pelatih atau guru tidak mendominasi. Moh. Iso juga menegaskan bahwa ini merupakan kompetisi murni antar siswa-siswi.

Pada acara ini, pegawai dari Direktorat KSKK Madrasah serta para pelatih dari beberapa madrasah di Jabodetabek hadir. Pembahasan ini berfokus pada rencana pelaksanaan MRC 2023 di luar pulau Jawa.

Panitia telah mencatat beberapa lokasi, di antaranya Batam, Bali, Makassar, Balikpapan, dan Palembang. Secepatnya, panitia dari Direktorat KSKK Madrasah akan melakukan survei untuk menemukan lokasi-lokasi yang paling cocok dan memadai.

Selain itu, FGD juga berencana untuk menyelenggarakan MRC pada bulan Oktober 2023. Kami akan membahas tanggal penyelenggaraan acara kemudian setelah lokasi terkonfirmasi.

Meskipun persetujuan tentang tema utama belum dicapai, MRC 2023 akan memprioritaskan penggunaan robot inovatif dengan fokus pada fungsi pelestarian, restorasi, dan pengenalan nilai-nilai budaya.

Visi Madrasah Robotic Competition 2023

Madrasah Robotic Competition 2023, yang diselenggarakan oleh Dewan Pendidikan Madrasah (DPM) dalam kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, bertujuan untuk:

Mendorong Kreativitas dan Inovasi

Melalui kompetisi ini, siswa-siswa madrasah di seluruh negeri diajak untuk berpikir kreatif dan mengembangkan inovasi di bidang robotika.

Pengembangan Keterampilan Teknologi

Kompetisi ini menjadi platform bagi para peserta untuk memperdalam pemahaman mereka tentang teknologi, pemrograman, dan mekanika robot.

Pengenalan Nilai-nilai Islam

Dalam semangat Islam yang moderat, acara ini juga bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai moral dan etika Islam dalam konteks teknologi.

Peluang Karier

Madrasah Robotic Competition juga membuka peluang bagi peserta untuk mengejar karier di bidang teknologi dan robotika.

Ajang Kompetisi

Kompetisi ini akan mencakup berbagai kategori, termasuk:

Robot Lintas Medan

Di kategori ini, peserta akan menghadapi tantangan lintas medan yang menguji kemampuan robot mereka dalam mengatasi berbagai rintangan dan misi tertentu.

Robotika Pelayanan

Peserta akan merancang robot yang dapat memberikan solusi praktis dalam pelayanan masyarakat, seperti pengiriman obat-obatan di daerah terpencil atau membersihkan lingkungan.

Kegunaan Sehari-hari

Kategori ini menantang peserta untuk menciptakan robot yang dapat membantu dalam tugas-tugas sehari-hari, seperti asisten rumah tangga atau pengasuh anak.

Kompetisi Drone

Dalam era teknologi yang semakin canggih, peserta juga akan berkompetisi dalam mengendalikan drone untuk tujuan tertentu.

Persaingan Sengit dan Hadiah Menggiurkan

Dengan peserta dari madrasah-madrasah di seluruh negeri, persaingan dalam Madrasah Robotic Competition 2023 diprediksi sangat sengit.

Namun, hadiah-hadiah menggiurkan akan menjadi insentif yang menarik.

Para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam program pelatihan teknologi lanjutan dan juga mendapatkan beasiswa pendidikan.

Dukungan dari Berbagai Pihak

Acara ini mendapatkan dukungan besar dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri teknologi, dan komunitas pendidikan.

Hal ini menunjukkan pentingnya peran madrasah dalam mempersiapkan generasi yang kompeten dalam teknologi di masa depan.

Masa Depan Teknologi dalam Genggaman

Madrasah Robotic Competition 2023 bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga merupakan perwujudan komitmen madrasah dalam menyongsong masa depan teknologi.

Acara ini membuka pintu bagi siswa-siswa madrasah untuk menggali potensi mereka dalam teknologi, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global di era digital ini.

Dengan semangat inovasi dan tekad untuk terus berkembang, para peserta Madrasah Robotic Competition 2023 akan menjadi pelopor dalam menghubungkan antara teknologi dan nilai-nilai Islam yang mulia, membawa harapan bagi masa depan yang lebih cerah dalam dunia teknologi.

Artikel ini diterbitkan oleh Komnasanak.

Also Read

Bagikan: