Materi Robotik Untuk Anak SD

Materi Robotik Untuk Anak SD Lengkap Dengan Penjelasannya

SD atau sekolah dasar terdapat materi Robotik yang dapat membuat perkembangan anak menjadi kreatif. Pasalnya, materi Robotik adalah salah satu yang paling mendasar dengan mencakup berbagai macam aspek. Hubungan robotik dalam kegiatan pelajaran di sekolan antara lain Matematika, Sains, Komputer, dan Fisika.

Bagi orang tua yang ingin mengikutsertakan Anak dalam kursus Robotik ini menurut kami cukup worth it. Karena dari keempat mata pelajaran tersebut kita bakal mendapatkan berbagai macam materi. Selain itu, Andak juga dapat mendapatkan manfaat dari Robotik.

Materi Robotik SD

Adapun materi Robotik SD yang bisa di dapatkan oleh Anak seperti pada pelajaran di sekolah.

1. Matematika

Materi pelajaran yang pertama Matematika ini memiliki konsep yang beranekaragam. Misalnya aljabar, geometri, teori kemungkinan atau probabilitas, dan statistik

2. Sains

Kedua adalah pelajaran Sain yang bakal memberikan pengetahuan tentang sistem robotika dan pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor

3. Komputer

Ketiga bagia Anak yang menyukai komputer tentu ini bakal menjadi benefit dimana Anda bisa mendapatkan sesuatu yang ia inginkan sesuai dengan hobi nya. Pada pelajaran Komputer ini Anak bisa belajar teknik dasar pemrogaman.

4. Fisika

Materi Robotik SD fisika ini menjadi salah satu yang bisa kami katakan cukup sulit karena terdapat rumus-rumus. Namun Anak bakal cepat lebih berkembang dengan permasalahan dan solusi menggunakan rumus. Karena pelajaran fisika tentang penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya, dan beban.

Manfaat Belajar Robotik Sejak SD

Dari materi pelajaran yang berasal dari Robotik kita bisa mendapatkan beberapa manfaat antara lain yaitu :

  • Anak bisa cepat merangsang berpikir secara sitematis dan terstruktur berdasarkan permasalahan yang ada
  • Anak bisa meningkatkan kemampuan motorik
  • Anak dapat meningkatkan keterampilan dalam berimajinasi seperti mendesain robot secara kreatif
  • Anak bisa berlatih bekerja sama dan mengembangkan dengan kelompok. Selain itu, juga bakal mendapatkan keberanian menyatakan pendapat seperti ide kreatif dan menghargai pendapat dari orang lain
  • Terakhir, Robotik manfaatnya adalah untuk melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu proyek
Baca Juga :  Ekstrakurikuler Robotik Anak SD SMP SMA SMK

Kapan Usia Belajar Robotik

Sebagian orang mungkin bertanya kapan usia belajar Robotik? Banyak yang berasumsi bahwa usia di mulai belajar adalah 10 tahun an. Hal ini karena seperti yang tertera pada produk Lego mainan Anak-anak. Mungkin jika untuk sekedar merakit atau melakukan bongkar pasang ini masih bisa untuk usia tersebut.

Tetapi untuk masuk aktifitas pemrogaman menurut kami ini membutuhkan tantangan yang besar. Sehingga untuk target usia kapan belajar Robotik sekitar mulai SMP kelas 2-3. Lantas, anak TK dan SD belum bisa belajar robotik?

Pastinya menurut kami masih bisa, dengan cara melalui sarana robotik Anak bisa melatih kecerdasan spesialnya. Kita bisa menunjukkan gambar petunjuk perakitan robot seperti tiga dimensi kepada anak.

Itulah diatas yang bisa kami ulas tentang beberapa materi robotik SD lengkap beserta manfaat dan mulainya Anak belajar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dan menambah wawasan untuk perkembangan Anak selanjutnya.

About the Author: admin

You May Also Like