Nyangkut di Saham, apa yang harus dilakukan | KOMNASANAK

Hanifudin Zakiya

Saya all in … Sekarang modal saya semua nyangkut di satu saham. Saya harus bagaimana?

Hal ini sering terjadi pada pemula saat berinvestasi di Saham, mereka all in atau membeli pada suatu saham tertentu dengan semua modalnya, lalu yang terjadi bukannya harga saham mengalami kenaikan malah harga saham turun dan akhirnya ‘nyangkut’. Lalu apa yang harus dilakukan?

|1 Pahami, sadari dan akui. Bahwa hal tersebut merupakan kesalahan

Fase pertama sebelum beranjak pada langkah berikutnya adalah pahami, sadari dan akui bahwa apa yang kalian lakukan itu salah! Ketika sudah memahami salah, kalian akan menerima apa yang terjadi selanjutnya dan menjadikan hal tersebut pelajaran di masa yang akan datang. All in merupakan tindakan yang kurang tepat dan tidak bertanggung jawab terhadap investasi yang kita miliki. Terapkan money management ketika berinvestasi dengan disiplin yang tinggi.

|2 Pertimbangkan untuk kurangi sedikit porsi dari posisi yang berjalan

Tujuan “membebaskan” sedikit modal adalah untuk memiliki cash in hand yang bisa kalian gunakan untuk aktivitas lain seperti menggunakan sisa modal untuk melakukan trading atau mencari keuntungan di kesempatan yang lain. Mengurangi sedikit porsi juga bisa sedikit mengurangi risiko yang mungkin kita terima.

|3 Ketika “nyangkut” coba pelajari lagi mengenai trading/investing

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan ketika ada “posisi yang nyangkut” karena all in adalah membiarkan harga recover dan dalam waktu “menunggu recovery” kalian harus belajar banyak hal: mulai dari trading atau mempelajari fundamental dari saham apa yang kalian investasikan.

|4 Patuhi rencana awal

Ketika kalian membeli pasti kalian sudah memiliki rencana dan sekarang hal yang bisa kalian lakukan adalah mematuhi rencana tersebut. Ingat plan awal membeli dan pastikan mental tidak goyah karena kalian sudah menekan tombol buy
Jangan menyesali sesuatu yang sudah terjadi!

Semoga bermanfaat

Also Read

Bagikan:

Tinggalkan komentar