Pramuka siaga

Tips Mengajari Anak SD Pramuka Siaga

 

Penerapan metode kepramukaan dalam suatu kegiatan kepramukaan dipadukan dengan pelaksanaan prinsip dasar kepramukaan, sehingga dalam penerapan/penggunaan metode kepramukaan selalu dijiwai dengan prinsip dasar kepramukaan. Kegiatan siaga haruslah kegiatan yang menyenangkan, dinamis, kekeluargaan dan berkarakter.

Sifat Terbuka

Tempat dan wahana belajar Pramuka Waspada adalah alam terbuka. Di alam terbuka, anggota siaga dapat dengan mudah memahami materi pelatihan Pramuka. Karena di alam terbuka anggota dapat dengan leluasa melakukan kegiatan dalam melaksanakan pembelajaran.

Selain itu, sifat terbukanya membantu membuka indra dan indera para anggota yang terbelenggu. Luasnya jangkauan indera memberikan peluang untuk meningkatkan kemampuan nalar dan pengetahuan yang luas.

Menciptakan suasana belajar tanpa merasa sedang belajar merupakan metode latihan pramuka siaga yang harus diciptakan. Susana belajar dikemas dalam kegiatan yang penuh kejutan, tantangan, kebaruan dan suasana gembira.

Berikut adalah contoh kegiatan Pramuka yang menyenangkan:

  • Mainkan musang dan ayam dalam lingkaran
  • Nyanyikan lagu tentang binatang
  • Melewati rintangan seperti menyeberangi jembatan tongkat sambil membawa segelas air
  • Menjelajahi desa atau kampung dengan mengumpulkan berbagai macam bunga, mengenal bau, warna, bentuknya
  • Peserta didik diberi kesempatan penuh untuk mencoba, mempraktekkan langsung, berkreasi tanpa takut salah.

Setelah itu mereka mengalami proses pembelajaran selanjutnya berupa pemberian refleksi oleh pelatih untuk memberikan penguatan dan penguatan materi.

Beberapa keuntungan lain dari belajar dengan sistem kelompok adalah sebagai berikut:

  • Merangsang kerja sama
  • Kembangkan toleransi
  • Saling menghormati dan toleransi antar anggota kelompok
  • Tanda penghargaan

Anggota siaga adalah siswa yang senang ketika mendapat hadiah atau penghargaan. Sehingga ketika anggota aktif dan terampil dalam suatu kegiatan berhak mendapatkan hadiah atau penghargaan.

Tujuan pemberian hadiah atau penghargaan adalah sebagai berikut:

  • Memotivasi
  • Pengakuan harga diri
  • Aktualisasi diri
  • Memberikan kenyamanan belajar bagi siswa
Baca Juga :  Ada Tugas Menyalin, KPAI: Buat Apa?

Bentuk pemberian atau penghargaan diri kepada anggota Pramuka Siaga tidak selalu berupa materi dan pujian. Namun bisa juga dalam bentuk pemberian Tanda Keahlian Khusus (TKK). Tanda kehebatan khusus menjadi penghargaan atau hadiah bagi anggota yang mampu atau cakap. Seperti kemampuan menjelajah dan memasak di perkemahan sehari.

Simile kegiatan latihan Pramuka Dasar siaga

Dalam metode Pramuka majas dasar berfungsi sebagai makna, penguat, simbolisme dan skenario dalam kemasan pembelajaran. Dengan majas, anggota Siaga Pramuka dapat menerima materi pelatihan yang mudah dipahami.

Contoh majas dalam penerapannya pada kegiatan latihan siaga Pramuka adalah sebagai berikut: “Saudara-saudaraku, jika kalian menjadi pemimpin maka tirulah matahari”. Dari kalimat “meniru matahari” ada pesan yang tersirat. Bahwa seorang pemimpin berlaku adil sebagaimana matahari membagi sinarnya dengan adil.

Satuan Terpisah

Anak laki-laki dan perempuan dalam pramuka harus dipisahkan. Pemisahan satuan bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membangun jati diri. Siswa juga dapat lebih dapat menggali kemampuannya secara lebih optimal dalam setiap latihan rutin.

Contoh metode kegiatan latihan pramuka siaga

Mendirikan tenda kemah satu hari merupakan salah satu contoh kegiatan latihan pramuka siaga bagi anggota. Penerapannya juga harus dilakukan dengan menggunakan metode learning by doing. Berikut urutan penerapan metode learning by doing:

Pengecekan kebutuhan tenda camping sehari (Persari)
Siapkan tenda
Anggota siaga mendirikan tenda mereka sendiri dengan kelompok mereka

Kolom Komentar

About the Author: admin

You May Also Like