Tips Mengenalkan dan Mengajak Anak untuk Olah Raga

Olah raga pada anak jangan disamakan dengan persepsi kita sebagai orang dewasa bahwa berolahraga adalah aktivitas yang dilakukan di Gym (fitness centre) dengan melakukan treadmill atau angkat beban dan lainnya, namun pada anak, olahraga di defenisikan dengan aktifitas bermain atau secara umum aktifitas yang melibatkan semua anggota gerak tubuh anak. Baik itu menari, bersepeda, bermain bola, bermain kelereng, balap karung, atau permainan anak lainnya, semua itu dikategorikan olahraga pada anak.

Keuntungan apa yang didapat dengan berolahraga..?

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan berolahraga terutama pada anak antara lain;

  • Akan memperkuat tulang dan otot anak yang mulai berkembang
  • Tubuh akan terasa lebih ringan karena olah raga membantu mengontrol lemak tubuh
  • Menurunkan resiko Overweight (berat badan berlebih) ataupun Obesitas
  • Menurunkan resiko diabetes pada anak ketika memasuki usia dewasa
  • Mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah
  • Meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh) terhadap penyakit
  • Anak yang secara fisik aktif juga akan membantu kualitas tidur serta akan lebih mudah dalam mengatasi tantangan fisik dan emosi pada masa sekolahnya.

Tiga elemen dari Olahraga pada anak Jika Anda menyempatkan waktu dipagi hari dihari minggu, bersama sikecil, pergi ke lapangan arena bermain anak disekitar rumah Anda, cobalah Anda amati ketika mereka bermain,sebenarnya mereka telah melakukan tiga elemn penting dari olahraga ketika mereka melakukan;
Berlari mengikuti Anda berlari (endurance), memungkinkan jantung dan paru-paru akan bekerja lebih cepat, jika dilakukan secara rutin akan meningkatkan kekuatan otot jantung dan nafas sehingga mampu meningkatkan pengiriman oksigen keseluruh tubuh.
Ketika mereka melewati halang rintang di arena bermain tersebut (strength). Hal ini lebih melibatkan kekuatan otot dan tulang anak
Ketika mereka meregangkan tubuh, seperti mencoba menyentuh ujung jari kaki dengan jari tangan dengan membungkukkan badan dimana kedua tungkai tetap lurus. (Flexibility)

Jadi sebagai orang tua Anda harus bisa memberikan semangat kepada anak berbagai macam aktivitas olahraga yang memungkinkan mereka melakukan tiga elemen diatas.

Ada banyak cara dalam berolah raga khususnya pada anak, yang terpenting adalah bagaimana Anda sebagai orang tua dituntut untuk bisa kreatif mengajak anak Anda berolah raga, ikutilah Beberapa tips yang mesti Anda ketahui untuk meningkatkan kondisi kebugaran (fitnesses) pada anak Anda;

Jadilan Panutan

Bagi anak orang tua adalah panutan atau contoh ideal bagi mereka, jadi pastikanlah diri Anda rutin melakukan aktiifitas fisik dala keseharian Anda sehingga memudahkan Anda untuk mengajak sang anak.

Lakukan bersama-sama

Meski kesibukan orang tua sangat padat, tentunya setiap kita sebagai orang tua menginginkan ada waktu yang cukup buat sikecil. Usahakanlah disela-sela kesibukan Anda, lakukan olahraga atau aktifitas lainnya buat sikecil bersama-sama Anda.

Buatlah seperti bermain

Agar tidak mebosankan buat si anak, jadikan aktifitas fisik itu menjadi hal yang menyenagkan bagi mereka, dengan cara bermain sambil berolahraga, contohnya, Anda bisa memperdengarkan musik sambil menari atau senam atau Anda bisa menambahkan peralatan bermain seperti bola atau lainnya. Jika anak anada usia sekolah Anda bisa mengajaknya bermain sepeda berkeliling lingkungan perumahan Anda.

Jadilah supporter setianya

Jadikan diri Anda sebagai semangat positif bagi mereka. Bantulah si anak untuk menemukan olahraga yang membuat dirinya bangga, cobalah aktif untuk mengajaknya ikut dalam lomba-lomba seusia mereka, disitulah Anda berperan menjadi pendukung setianya.

Batasi TV dan Bermain Game

Tentunya nada harus bisa membatasi anak menonton TV dan bermain video games, tapi pastikan Anda melakukannya dengan cara yang positif, yaitu dengan menetukan jadwal kapan mereka bisa menonton acara TV favorit mereka atau kapan bermain video game, misalnya setelah menyelesaikan pekerjaan rumah atau setelah beraktifitas beroleh raga bersama Anda, atau khusus bermain game hanya pada hari sabtu dan minggu karena pada hari itu Anda gunakan untuk istirahat setelah bekerja .

Dengan menjadikan aktfitas fisik rutin dalam keluarga, akan membantu Anda merasa lebih sehat serta lebih gembira bersama keluarga Anda dan menciptakan pola hidup yang sehat bagi anggota keluarga Anda.

About the Author: admin

You May Also Like